Home > News

NASA Identifikasi 17 Planet yang Mungkin Memiliki Lautan

Survei baru NASA mengidentifikasi 17 exoplanet yang mungkin memiliki kondisi yang tepat untuk lautan yang tersembunyi di bawah lapisan es.

“Berkat jumlah pemanasan internal yang mereka alami, semua planet dalam penelitian kami juga dapat menunjukkan letusan kriovolkanik dalam bentuk gumpalan mirip geyser,” kata Quick.

Studi ini memanfaatkan apa yang kita ketahui dari aktivitas geyser dua bulan Jupiter, Europa dan Enceladus. Dua dari eksoplanet yang disebutkan dalam penelitian ini, Proxima Centauri b dan LHS1140 b, merupakan kandidat yang menjanjikan karena memiliki lautan yang relatif dekat dengan permukaan.

“Karena model kami memperkirakan bahwa lautan dapat ditemukan relatif dekat dengan permukaan Proxima Centauri b dan LHS 1140 b, dan laju aktivitas geysernya bisa melebihi ratusan hingga ribuan kali lipat aktivitas geyser di Europa, teleskop kemungkinan besar dapat mendeteksi aktivitas geologis di lautan tersebut. planet," jelas Quick.

Observasi lanjutan terhadap planet-planet ini kemungkinan besar akan melibatkan para astronom yang menangkap spektrum emisi cahaya yang melintasi atmosfer planet-planet tersebut. Bahan kimia dan molekul yang dilepaskan ke atmosfer akibat aktivitas kriovolkanik mungkin memberikan petunjuk apakah ada kehidupan di kedalaman gelap dan dingin dunia ini.

Sumber: The Astrophysical Journal/livescience