Home > Sains

Peneliti Temukan Ngarai Bawah Air Raksasa di Laut Mediterania

Para peneliti telah menemukan ngarai bawah air selebar 33 ribu kaki (10 kilometer) yang terbentuk di dasar laut Mediterania
Ngarai bawah air yang baru ditemukan (Kredit gambar: Jason Edwards melalui Getty Images)

OCEANIA.ID -- Ngarai adalah lembah (jurang) yang dalam dan luas di antara dua tebing yang curam. Kini, para ilmuwan telah menemukan ngarai bawah air raksasa di Laut Mediterania bagian timur yang kemungkinan besar terbentuk tepat sebelum laut tersebut berubah menjadi ladang garam setinggi satu mil.

Dilansir livescience, Ngarai ini terbentuk sekitar 6 juta tahun yang lalu, pada awal krisis salinitas Messinian (MSC), ketika pintu gerbang Gibraltar antara Samudera Atlantik dan Laut Mediterania menyempit dan akhirnya tertutup akibat pergeseran lempeng tektonik.

Laut Mediterania menjadi terisolasi dari lautan dunia dan mengering selama kurang lebih 700 ribu tahun, meninggalkan hamparan garam yang luas hingga setebal dua mil (tiga kilometer) di beberapa tempat.

Ketika permukaan air laut turun, arus air asin yang semakin meningkat mengikis dasar laut dan membuat parit-parit sedalam beberapa ratus kaki di sepanjang tepi paling curam Laut Mediterania. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Global and Planetary Change edisi Januari, para peneliti kini menggambarkan ngarai raksasa berbentuk U yang terletak 75 mil (120 kilometer) selatan Siprus, di kedalaman Cekungan Levant Mediterania.

Ngarai sedalam 1.640 kaki (500 meter) dan lebar 33 ribu kaki (10 kilometer), yang diberi nama oleh para peneliti berdasarkan gunung laut Eratosthenes di dekatnya, kemungkinan terbentuk di bawah air sesaat sebelum garam menumpuk di dasar laut. Berbeda dengan selokan di pesisir pantai, menurut penelitian, ngarai ini tidak memiliki akar “pra-garam” yang lebih tua.

“Untuk menjelaskan pembentukan dasar laut Eratosthenes Canyon, kami menyarankan sayatan oleh arus gravitasi padat yang menggores dan mengukir dasar laut dalam,” tulis para peneliti dalam penelitian tersebut.

Penemuan ini menyoroti perdebatan selama puluhan tahun mengenai apakah selokan dan ngarai Messinian yang sekarang berada di bawah air terbentuk di atas atau di bawah permukaan laut.

“Bukti baru ini memperkuat argumen bahwa setidaknya sebagian dari erosi di pinggiran benua terjadi (di bawah air),” tulis para peneliti.

Ngarai yang baru ditemukan ini berada dalam jaringan ngarai dan saluran yang lebih luas di wilayah yang dikenal sebagai Cekungan Levant, yang membentang dari pantai Suriah di utara hingga Gaza di selatan, dan barat laut menuju Siprus.

Di sebelah barat laut ngarai, di luar gunung bawah laut Eratosthenes, terdapat cekungan Herodotus yang jauh lebih dalam dan lebih tua, yang menerima arus yang sarat dengan sedimen dari tenggara. Menurut penelitian tersebut,

arus ini mungkin telah melintasi daerah yang sekarang menjadi tempat Ngarai Eratosthenes jauh sebelum ditebang.

“Tidak adanya akar yang lebih tua di bawah Ngarai Eratosthenes tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa sistem saluran pra-MSC yang dangkal sudah ada sebelum Ngarai Eratosthenes,” tulis para peneliti.

× Image